Tentang Program Data Pokok Pendidikan (DAPODIK)
Misi
Reformasi data pendidikan terpadu berbasis Teknologi Informasi yang
terjangkau dan berkesinambungan serta mengedepankan Pelayanan Publik
bukan sekedar Pelayanan Birokrasi
Keterangan
Dapodik merupakan sistem pengelolaan data pokok pendidikan (mikro data
peserta didik, satuan pendidikan, tenaga pendidik) secara online dan
real time skala nasional. Sebagai wujud nyata Pelayanan Publik
Pendidikan bukan sekedar Pelayanan Birokrasi. Dibangun pada tahun
2006/2007 oleh Biro PKLN Depdiknas.
Sejak 2008, PSP Balitbang Depdiknas yang seharusnya mengelola Dapodik
tidak memenuhi kewajibannya sehingga operasional pengelolaan
didelegasikan ke setiap Dinas Pendidikan wilayah Provinsi / Kota /
Kabupaten dan seluruh sekolah se-Indonesia dibawah pengawasan Biro PKLN
Depdiknas hingga tahun 2011.
Mulai 1 Januari 2012 Layanan DAPODIK Biro PKLN resmi ditutup seiring
dengan kesiapan PDSP Kemdikbud untuk membangun layanan DAPODIK Baru
menggantikan sistem Dapodik Biro PKLN. Saat ini Layanan Dapodik versi
baru dikembangkan dan dikelola oleh setiap Direktorat, seperti: DAPODIK
PDSP (NISN-NPSN), DAPODIK PAUDNI, DAPODIKDAS, DAPODIKMEN (PAS), DAPODIK
DIKTI (PDSS), DAPODIK NUPTK (PADAMU NEGERI), DAPODIK UN (BIO-UN), dan
lainnya.
Layanan Dapodik mulai dikembangkan pada tahun 2006 oleh Biro
Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri dikenal dengan Biro PKLN Depdiknas
dimasa itu. Berikut disampaikan rekam jejak perjalanan DAPODIK dari
periode 2006 s.d 2011.
- Januari 2006
Kabiro PKLN (Bapak Gatot HP) sebagai pejabat baru di Biro PKLN
menganalisa salah satu kendala dan hambatan utama proses perencanaan di
lingkungan Depdiknas masa itu adalah ketersediaan data yang lengkap,
akurat dan mudah diakses sebagai bahan penyusunan kebijakan program,
evaluasi dan perencanaan Depdiknas.
- Februari 2006
Untuk melakukan identifikasi kebutuhan adanya ketersediaan data yang
lengkap, akurat dan mudah diakses tersebut. Biro PKLN mengadakan
serangkaian acara diskusi dan koordinasi dengan mengundang para
ahli/pakar Sistem Informasi dari kalangan akademisi (Perguruan Tinggi)
dan Praktisi TI serta melibatkan unit-unit kerja di lingkungan Depdiknas
Pusat dan Daerah.* ) Kesimpulan umum dari serangkaian acara tersebut,
antara lain: Depdiknas belum memiliki data referensi terpusat,
teridentifikasi data yang bersifat utama/pokok meliputi: Sekolah, Siswa,
Guru dan Kurikulum. Ada banyak pulau data yang antara satu dengan
lainnya tidak terhubung. Metode pengumpulan data yang selama ini
menggunakan mekanisme kuisoner manual kurang efektif dan efisien. Perlu
dimutakhirkan memanfaatkan teknologi infomrasi terkini yaitu sistem
pengumpulan data secara online real time layaknya sistem perbankan.
- Maret 2006
Hasil dari kesimpulan dirumuskan dalam wujud rencana membangun pusat
referensi data nasional yang mencakup sekolah, siswa, guru yang disebut
DAPODIK (Data Pokok Pendidikan). Adapun untuk tenaga pendidik dan
kurikulum akan dibangun di tahap selanjutnya. Sistem DAPODIK mengacu
pada sistem perbankan yaitu yang bersifat real time online dan mencontoh
implementasi layanan PSB Online yang marak diselenggarakan oleh Dinas
Pendidikan Kota/Kabupaten di masa itu.Untuk mendukung sistem Dapodik
yang bersifat online dan real time tersebut dibutuhkan infrastruktur
jaringan online skala nasional. Biro PKLN bekerjasama dengan Direktorat
PSMK Mandikdasmen dalam upaya membangun jaringan online skala nasional
tersebut yang lebih dikenal dengan nama JARDIKNAS untuk mendukung
program DAPODIK.
- April s.d Mei 2006
Proses penyempurnaan sistem DAPODIK dan rencana pengembangan JARDIKNAS
mulai intensif dilaksanakan. Di Biro PKLN dibentuk Tim Gugus Tugas
Khusus untuk mengawal proses pengembangan dan implementasi DAPODIK dan
JARDIKNAS. Tim Satgas Khusus ini lebih dikenal dengan sebutan Tim
JARDIKNAS Biro PKLN daripada Tim DAPODIK Biro PKLN.
- Juni 2006
Rilis pertama DAPODIK mulai diperkenalkan kepada Dinas Pendidikan se
Indonesia khususnya di bagian perencanaan dan program. DAPODIK telah
disajikan secara online di Internet memanfaatkan jasa colocation server
di salah satu provider Internet di Indonesia.
- Juli 2006
Proses pengadaan barang dan jasa JARDIKNAS mulai dilaksanakan hampir bersamaan dengan program INHERENT dari DIKTI.
- September 2006
Proses implementasi JARDIKNAS di 450 Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan
33 Provinsi se Indonesia mulai digelar oleh PT. Telkom sebagai pemenang
tender.
- Oktober – Desember 2006
Program blockgrant pengumpulan data sekolah dan siswa mulai dilaksanakan
ke seluruh Kota Kabupaten se Indonesia dalam rangka melengkapi data
siswa dan sekolah pada sistem DAPODIK memanfaatkan koneksi JARDIKNAS.
Serangkaian acara sosialisasi digelar di setiap provinsi dengan
mengundang dinas pendidikan kota/kabupaten di wilayah provinsi
masing-masing.
- November 2006
Data Center DAPODIK dimutakhirkan ditempatkan di kompleks senayan
(Gedung C Lantai 7) dan Data Center Jardiknas di Colocation PT. Telkom.
- Desember 2006
Hasil kegiatan pengumpulan data telah mencapai 32 juta siswa dan 200
ribu sekolah di sistem DAPODIK. Infrastruktur JARDIKNAS telah selesai
digelar di 450 Kota/Kabupaten dan 33 Provinsi.
- Januari – Februari 2007
Proses pemutakhiran data sekolah dan data siswa masih berlangsung di
seluruh Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten se Indonesia dengan memanfaatkan
sepenuhnya koneksi dari JARDIKNAS sesuai dengan rencana yang telah
disusun pada awal tahun 2006 lalu.
- Maret – Mei 2007
Blockgrand tahap 2 untuk pemutakhiran data siswa dan sekolah kembali digelar.
- Juli 2007
Untuk pertama kalinya sistem DAPODIK memproses data kenaikan dan
kelulusan secara otomatis sebagai bagian dari proses pemutakhiran data.
Adapun proses validasi dan verifikasi status kelulusan dan kenaikan
siswa dilaksanakan oleh Dinas Pendididikan secara online real time.
- Agustus 2007
Program SchoolNet mulai dipersiapkan untuk meningkatkan keterjangkauan
akses JARDIKNAS hingga ke tingkat sekolah-sekolah. SchoolNet dirancang
untuk mendukung akses DAPODIK hingga ke tingkat sekolah-sekolah.
Terdapat dua jenis SchoolNet, yaitu: basis Speedy Telkom dan SchoolNet
basis Wifi.
- September 2007
Tender JARDIKNAS periode ke-2 menjangkau 1100an node seIndonesia.
- April 2008
Program JARDIKNAS dipindah ke Pustekom dengan alasan Tupoksi. Termasuk
DAPODIK juga dipindahkan ke PSP Balitbang. Tim Jardiknas (DAPODIK) Biro
PKLN dibubarkan.
- Mei 2008
PSP Balitbang tidak kunjung menerima tanggungjawab pengelolaan DAPODIK
karena lebih mementingkan program PADATI Web, sehingga DAPODIK tidak ada
yang mengelola dan terlantar.DAPODIK tidak ada alokasi anggaran
operasional dan pemeliharaannya di Biro PKLN karena seharusnya sudah
dikelola oleh PSP Balitbang sebagai bagian dari paket pemindahan
JARDIKNAS dan DAPODIK. Oleh karena itu pengelolaan DAPODIK disiasati
dengan menyerahkan operasionalnya kepada Dinas Pendidikan melalui surat
dari Kabiro PKLN tanggal 28 Mei 2008.
- Juni 2008
Terjadi kasus privasi data yang diprotes oleh para komunitas Blogger.
Pihak Biro PKLN meminta bantuan Tim DAPODIK (ex Tim JARDIKNAS) untuk
melakukan perbaikan dan pembenahan. Tim DAPODIK turun tangan untuk
perbaikan dengan menutup akses privasi data.
- Juli 2008
DAPODIK boleh dikatakan tidak terkelola dengan baik karena PSP Balitbang
tidak kunjung menerima DAPODIK. Pihak Biro PKLN meminta kerjasama
dengan Tim DAPODIK (ex Tim JARDIKNAS) untuk memelihara DAPODIK secara
sukarela. Tim DAPODIK menerima kerjasama tesebut untuk menjaga dan
merawat pelayanan DAPODIK dengan dukungan dari SEAMOLEC. Oleh karena itu
disebut Tim DAPODIK Biro PKLN.
- Agustus 2008
Kondisi JARDIKNAS yang dikelola oleh Pustekkom tidak stabil dan
menyebabkan komplain dari pengguna DAPODIK. Tim DAPODIK Biro PKLN
berinisiatif untuk mengaktifkan server cadangan DAPODIK di colocation
Telkom untuk menjamin kehandalan dan kecepatan aksesnya.
- Desember 2008
Domain dapodik.diknas.go.id dan dapodik.depdiknas.go.id tidak bekerja
dengan optimal, sehingga dibuat alternatif menggunakan domain baru
yaitu: DAPODIK.ORG selain JARDIKNAS.ORG
- Februari 2009
Biro PKLN membentuk Tim Call Center DAPODIK untuk melayani para pengguna bekerjasama dengan Tim DAPODIK.
- September s.d November 2009
PSP Balitbang bekerjasama dengan Tim DAPODIK Biro PKLN untuk melakukan
rekonsiliasi data NPSN sebagai bagian dari kegiatan Program Sertifikasi
Sekolah. Melalui program tersebut secara resmi NSS diganti dengan NPSN.
- Maret 2010
PSP Balitbang akhirnya melakukan serah terima operasional dan
pengelolaan DAPODIK dari Biro PKLN yang seharusnya dilakukan sejak awal
tahun 2008 lalu. Hal ini untuk mendukung Program Sertifikasi Sekolah
berbasis NPSN. Disepakati ada proses alih teknologi secara bertahap
untuk pemindahan operasional dan pengelolaan DAPODIK ke PSP Balitbang.
Sebagai tahap awal dilaksanakan pemindahan personal Tim Call Center
DAPODIK dari Biro PKLN ke PSP Balitbang untuk menjaga kesinambungan
layanan DAPODIK. Proses dan tahapan berkenaan dengan perangkat, sistem
dan data akan dilaksanakan secara bertahap.
- Juni 2010
Tim Call Center DAPODIK di Biro PKLN dipindahkan ke PSP Balitabang
sebagai bagian dari proses transisi dan alih teknologi secara bertahap
untuk pengelolaan DAPODIK.
- Agustus 2010
Situs publik DAPODIK dimutakhirkan dengan menyajikan data per wilayah provinsi, kota/kabupaten hingga sekolah-sekolah.
- Oktober – Desember 2010
Rangkaian kegiatan alih teknologi dan pengelolaan DAPODIK kerjasama
antara Tim DAPODIK Biro PKLN dengan PSP Balitbang sebagai bagian
strategik persiapan pengelolaan lanjutan DAPODIK oleh PSP Balitbang
mulai 2011.
- Oktober – Desember 2010
Tim DAPODIK Biro PKLN bekerjasama dengan PUSPENDIK untuk merintis
pengelolaan data peserta UN yang terintegrasi dengan DAPOPIK dengan
harapan dalam 3 tahun ke depan tidak perlu lagi ada pendataan
berulang-ulang terhadap para peserta UN.
- Januari 2011
PSP Balitbang diubah menjai PDSP Kemdiknas dengan pimpinan baru dan tanggungjawab baru.
- Februari 2011
Dilaksanakan serangkaian pembahasan persiapan pengelolaan DAPODIK 2011
antara Tim DAPODIK Biro PKLN dengan Tim DAPODIK PDSP sebagai tindak
lanjut hasil kegiatan Alih Teknologi Dapodik akhir Desember 2010.Tim
DAPODIK Biro PKLN merekomendasikan proses pengalihan operasional teknis
dilaksanakan secara matang dan bertahap karena sistem DAPODIK sangat
kompleks dan multi teknologi serta mengurangi resiko downtime sistem
yang mengganggu layanan transaksi DAPODIK dari seluruh Dinas dan Sekolah
seIndonesia.Sebagai pengalaman dari proses transisi Jardiknas 2008 lalu
karena tidak ada proses transisi dan pendampingan dari Tim JARDIKNAS
(DAPODIK) Biro PKLN ke Tim Pustekom yang memadai, akhirnya berdampak
sistem layanan akses JARDIKNAS terganggu beberapa hari setelah proses
pengalihan karena hal teknis sederhana yang tidak bisa diselesaikan oleh
Tim Pustekkom.
Tim DAPODIK Biro PKLN bersedia akan berbagi pengalaman dengan Tim
PDSP selama proses pendampingan pengalihan operasional teknis hingga Tim
PDSP telah dinilai siap secara teknis oleh Tim DAPODIK Biro PKLN untuk
mengelola sistem DAPODIK secara mandiri.
Kepala PDSP setuju menyepakati membentuk Tim Gugus Tugas Teknis
bersama yang melibatkan kedua tim untuk koordinasi dan sinergi
melaksanakan proses transisi teknis pengelolaan DAPODIK. Tim Gugus Tugas
dimaksud tidak pernah terwujud karena tidak kunjung dibentuk oleh PDSP.
- Februari s.d Maret 2011
Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP) Kemdiknas bekerjasama dengan Tim
DAPODIK Biro PKLN untuk menyediakan sistem transaksi Evaluasi Diri
Sekolah (EDS) Online dari 29.000 sekolah se Indonesia.
- Februari – Maret 2011
Tim DAPODIK Biro PKLN bekerjasama dengan Tim BidikMisi Dikti dalam
proses interkoneksi sistem untuk mendukung program BIDIKMISI Dikti
Kemdiknas.
- Agustus 2011
Tim Call Center DAPODIK Biro PKLN yang ditugaskan di PDSP diberhentikan
secara sepihak oleh PDSP tanpa ada koordinasi terlebih dahulu dengan
Biro PKLN.
- September 2011
PDSP mengumumkan akan membangun sistem baru pengganti DAPODIK.org dan
tidak bertanggungjawab lagi terhadap pelayanan pada DAPODIK.org yang
dikelola oleh Tim DAPODIK Biro PKLN.
- Desember 2011
Tim DAPODIK Biro PKLN menghormati keputusan dan kebijakan PDSP. Agar
tidak terjadi dualisme sistem DAPODIK dan karena program EDS Online PPMP
yang terintegrasi dengan DAPODIK masih berlangsung hingga 31 Desember
2011. Tim DAPODIK Biro PKLN mengumumkan secara resmi akan menutup
layanan DAPODIK per 1 Januari 2012.
Catatan:
Sejarah merupakan guru yang terbaik sebagai bagian suatu proses
pembelajaran dan pengalaman menuju perbaikan dan penyempurnaan yang
tiada henti. Banyak pelajaran berharga selama Layanan DAPODIK Biro PKLN
beroperasional periode 2006 s.d 2011. Di kesempatan lain, kami akan
tuliskan pelajaran-pelajaran yang dimaksud di edisi catatan selanjutnya.
Berikut adalah daftar file yang dapat di unduh dari situs ini.
- Surat Edaran – Surat Permohonan Pembukaan Operator EDS Online EDARAN TERBARU
Perihal :
1. Pengiriman Hasil EDS Online 2011
2. Daftar Penanggung jawab EDS Online 2011
3. Rekap perkembangan EDS, 7 November 2011
file name: Archive_EDS_Online.zip (250Kb)
file format: Zip (Archive / File Kompresi)
UNDUH
- Surat Edaran – Pelayanan Sistem Dapodik
Perihal :
1. Optimalisasi Dapodik Nasional Kemdiknas
2. BA Serah Terima Sistem dan Pengelolaan Operasional NISN dan NPSN
3. Pemberitahuan Pelayanan Sistem Dapodik
file name: pelayanan_sistem_dapodik.zip
file format: Zip (Archive / File Kompresi)
UNDUH
- Surat Edaran – Program EDS Terintegrasi DAPODIK Periode 2011
nomor : 3264/J4.3/LL/2011
Perihal : Program Evaluasi Diri Sekolah Terintegrasi DAPODIK Periode 2011
file name: SE_EDS_INTEGRASI_DAPODIK_2011.png
file format: PNG ( Portable Network Graphics )
UNDUH
- Surat Edaran – Pemeliharaan dan Validasi Dapodik 2011
nomor : 1396/P3-1/TP/2011
Perihal : Pemeliharaan dan Validasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 2011
file name: pemeliharaan_dan_validasi_2011.pdf
file format: pdf (Adobe Acrobat Document)
UNDUH
- Paper – Penerapan Sistem Pengelolaan Data Pokok Pendidikan (DAPODIK)
Perihal: Penerapan Sistem Pengelolaan Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) di Departemen Pendidikan Nasional
file name: fullpaper_dapodik.pdf
file format: pdf (Adobe Acrobat Document)
UNDUH
- Surat Edaran 2 November 2010
nomor: 5973/G4/LL/2010
perihal: Fasilitas Bebas Mutasi/Transfer NISN
file name: fasilitas_bebas_mutasi_nisn.jpg
file format: jpg (image)
UNDUH
- Surat Edaran 2 November 2010
nomor: 5972/G4/LL/2010
perihal: Kegiatan Verifikasi dan Validasi NISN
file name: kegiatan_verifikasi_validasi_nisn.jpg
file format: jpg (image)
UNDUH
- Surat Edaran 1 November 2010
nomor: 5942/G4/LL/2010
perihal: Pemanfaatan NISN untuk Pendataan Peserta UASBN Tahun 2011
file name: pemanfaatan_nisn_untuk_uasbn_2011.jpg
file format: jpg (image)
UNDUH
- Surat Edaran 5 Agustus 2010
nomor: 4061/G4/KL/2010
perihal: Perubahan Tampilan Web Publik NISN dan NPSN Sesuai Wilayah Dinas Pendidikan Provinsi dan Kab./Kota
file name: website_dapodik_dinas.pdf
file format: pdf (Adobe Acrobat Document)
UNDUH
- Surat Edaran 30 Juni 2010: Pemeliharaan dan Validasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
Nomor : 2765/G4/KL/2010
Perihal: Pemeliharaan dan Validasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
file name: surat_edaran_pemeliharaan_juli_2010.jpg
file date: 30/06/2010 15:38:00
file format:jpg (image)
UNDUH
- Laporan Individual Sekolah (LI) Tahun 2010/2011
nomor: 3557/G4/LL/2010
perihal: Pendataan Pendidikan Tahun 2010/2011
file name: laporan_individual_sekolah.zip
file format: Zip (Archive / File Kompresi)
UNDUH
- Surat Keputusan 22 Oktober 2009
nomor: 3574/G.G4/KL/2009
perihal: Penetapan Nomor Pokok Sekolah Nasional
file name: Surat_Keputusan_NPSN.pdf
file format: pdf (Adobe Acrobat Document)
UNDUH
- Surat Edaran 04 Nopember 2009
nomor: 3750.5/G4/LL/2009
perihal: Pendistribusian Sertifikat Nomor Pokok Sekolah Nasional
file name: Surat_Edaran_Distribusi_Sertifikat_NPSN.pdf
file format: pdf (Adobe Acrobat Document)
UNDUH
- Surat Edaran 6 April 2010
nomor: 25952/A2.3/PR/2010
perihal: Pengelolaan Dapodik Kementrian Pendidikan Nasional
file name: Surat_Edaran_Pengelolaan_Dapodik.png
file format: png (image)
UNDUH
- Berita Acara 30 Maret 2010
nomor: 22848/A2.3/PR/2010
perihal: Berita Acara Serah Terima Sistem dan Pengelolaan Dapodik (BAST Dapodik)
file name: BAST_Dapodik.zip
file format: Zip (Archive / File Kompresi)
UNDUH
- Surat Edaran 7 Desember 2009
nomor: 87070/A2.3/PR/2009
perihal: Formulir Layanan data siswa dan sekolah tahun 2009
file name: BSurat_Edaran_Formulir_Layanan_Dapodik.png
file format: png (image)
UNDUH
- Surat Edaran 27 Agu 2009
nomor: 65077/A2.3/PR/2009
perihal: Pemberitahuan Call Center Dapodik
UNDUH
- Surat Edaran 12 Juni 2009
nomor: 39083/A2.3/PR/2009
perihal: Pemeliharaan dan Validasi Data Pokok Pendidikan
UNDUH
- Surat Edaran 3 Juni 2009
nomor: 39083/A2.3/PR/2009
perihal: Pemeliharaan dan Validasi Data Pokok Pendidikan
UNDUH
- Dokumen: DOKUMEN TEKNIS Penggunaan API DAPODIK – pdf version
file name: DOKUMEN_TEKNIS_API_DAPODIK.pdf
file date: 11/02/2009 16:02:00
file format: PDF (Adobe Acrobat Document)
UNDUH
- Surat edaran 3 Feb 2009
Perihal: Informasi Open Interkoneksi API Dapodik
Kepada: Kepala Dinas Pendidikan Propinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Di seluruh Indonesia.
nomor: 7690/A2.3/PR/2009
UNDUH
- Surat edaran 12 Nov 2008
Perihal: Informasi Open Interkoneksi API Dapodik
Kepada: Kepala Dinas Pendidikan Propinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Di seluruh Indonesia.
nomor: 62990/A2.3/PR/2008
UNDUH
- Surat edaran 12 Nov 2008
Perihal: Pemeliharaan dan Pelayanan Dapodik
Kepada: Kepala Dinas Pendidikan Propinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Di seluruh Indonesia.
nomor: 58300/A2.3/PR/2008
UNDUH
- Surat edaran 17 Sept 2008
Perihal: Pemeliharaan dan validasi Dapodik
Kepada: Kepala Dinas Pendidikan Propinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala UPT Pusat di Daerah Di seluruh Indonesia.
nomor: 54762/A2.3/PR/2008
UNDUH
- Surat edaran 28 Mei 2008
Perihal: Optimalisasi Data Pokok Pendidikan Nasional Kementerian Pendidikan Nasional
nomor: 31160/A2.3/PR/2008
UNDUH
- Kartu NISN – print version
file name:kartu_nisn_v.0.01.psd
file date: 28/02/2007 14:05:49
file format: PSD (Photoshop Document)
UNDUH
- Surat edaran: Prosedur NISN Baru – pdf version
file name: prosedur_nisn_20070703.pdf
file date: 03/07/2007 15:38:00
file format: PDF (Adobe Acrobat Document)
UNDUH